Tips Merawat Mobil Bermesin Diesel, Jangan Terlambat Ganti Oli





Tips Merawat Mobil Mesin Diesel
Dalam memilih mobil kita mendapati beberapa pilihan yaitu mobil bermesin bensin dan bermesin diesel. Mobil mesin diesel tidak boleh diremehkan jenis mobil ini banyak peminatnya karena tenaga dan torsi yang besar dibandingkan mobil dengan bahan bakar bensin. Hal yang menjadi pertanyaan ketika anda memutuskan untukmembeli mobil mesin diesel.
Sebenarnya perawatan mobil bermesin diesel tidak berbeda jauh dengan perawatan mobil bermesin bensin. Tetapi yang perlu mendapat perhatian lebih adalah servis berkala, jadi air radiator dan oli tidak boleh terlambat dalam menggantinya karena bisa berakibat fatal
Untuk beberapa mobil, perawatan dilakukan pada kelipatan 10.000 KM. “Tapi biasanya tidak ada yang sampai 10.000 KM, karena banyak konsumen yang masih takut kalau harus menunggu selama itu,” ungkapnya. Pada 10.000 KM (6 bulan) dan 20.000 KM pertama, perawatan biasanya hanya meliputi tune up, ganti oli dan ganti filter oli.
Selanjutnya untuk perawatan mobil di 30.000 Km pertama perbaikan mesin tersebut akan menjadi lebih banyak dari sebelumnya karena pemakaian yang sudah berumur. Perbaikan mobil tersebut bisa berupa tune up, ganti oli mesin, filter AC, filter Udara, injector dan oli transmisi.
Selanjutnya untuk menjaga agar mobil bermesin diesel lebih awet yaitu dengan menggunakan bahan bakar non subsidi. Karena jika menggunakan bahan bakar bersubsidi biasanya akan mengalami masalah yaitu suara mesin menjadi lebih kasar dan besar. Proses pembakarannya juga tidak akan sebaik bahan bakar non subsidi. Selain itu mesin mobil juga harus dibersihkan dengantips membersihkan mesin mobil.
Tetapi di Indonesia jarang dijumpai Pom bensin yang menjual bahan bakar diesel non subsidi. Jadi kita akan kesulitan dan terpaksa menggunakan bahan bakar diesel bersubsidi. Hal ini berakibat injector mobil menjadi kotor dan harus lebih sering dibersihkan. Mesin juga berkerja lebih keras dari biasanya. Jadi kesimpulannya jangan menggunakan bahan bakar bersubsidi. Gunakan saja jika keadaan benar benar terpaksa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Anonymous
November 19, 2013 at 10:32 PM delete

Nice Info bos, salam kenal ... :)

Reply
avatar